Sabtu, 02 November 2013

Kode QR (QR code)


Pernah kah mendengar istilah kode QR??????
rifkicerita.blogspot.com

Mungkin masih banyak diantara kita yang belum tau apa itu kode QR. Berbeda dengan barcode yang rata-rata hanya bisa menampung maksimal 12 karakter angka atau huruf, kode QR dapat menyimpan data lebih besar. 

Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code merupakan bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi (1D) menjadi dua dimensi (2D). Kemampuannya menyimpan data yang lebih besar dari pada kode batang, mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sekalipun sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang. (Wikipedia).

Fungsi kode QR diantaranya adalah dapat digunakan untuk menyimpan informasi alamat website, email, nomer handphone, alamat, dan sebagainya. Sehingga kita tidak perlu menyimpan informasi tersebut dalam bentuk tulisan, namun hanya cukup dengan menyimpan gambar kode QR. Ketika seseorang meminta informasi tersebut kita hanya memperlihatkan gambar kode QRnya dan orang lain dapat dengan mudah memindai kode tersebut. Selanjutnya setelah memindai maka secara otomatis informasi data kita akan dapat diakses oleh orang lain.

Saat ini di sekitar kita, rata-rata setiap orang memiliki satu buah smartphone bahkan mungkin lebih. Sehingga kehadiran kode QR akan sangat membantu mobilitas kita dalam menginformasikan dan mengakses suatu data.

Untuk membuat kode QR, kita dapat menggunakan fasilitas Barcode Generator, sedangkan untuk dapat memindai dari kode QR tersebut dapat menggunakan salah satu aplikasi QR Code Reader untuk smartphone Android 

Sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar