Minggu, 03 November 2013

Macam - Macam Psikotes Kerja


Setelah melalui tahap seleksi administrasi atau seleksi cv, maka selanjutnya pelamar pekerjaan biasanya akan masuk ke tahap Psikotes. Namun tidak jarang juga ada perusahaan yang melakukan tahap seleksi psikotes yang dilakukan setelah proses interview user.
Menurut pengalaman yang saya lalui selama bulan-bulan terakhir ini hampir 40-60 % peserta yang lolos dari tahap seleksi administrasi gagal pada tahap psikotes. Adapun jenis-jenis test pada psikotes itu sendiri berbeda-beda setiap perusahaannya.
  • ·       Matematika Sehari-hari

Maksudnya, tes ini merupakan tes hitungan yang biasanya kita hadapi dikehidupan sehari-hari. Misalnya, budi memiliki 45 rupiah jika ia membagian rata uangnya itu dengan ke 2 rekannya yang lain maka berpakah jumlah masing-masing uang yang diterima?

  • Sinonim dan antonym, Contohnya :
1. praktek --- teori
    a. Sinonim    b. Antonim
2. pailit --- bangkrut
    a. Sinonim    b. Antonim
3. elastis --- kaku
    a. Sinonim    b. Antonim
  • ·         Deret Angka

Terdiri dari beberapa angka dengan pola tertentu dan tugas kita memilih angka selanjutnya yang sesuai pola tersebut, Contohnya,
1. 1, 3, 6, 9, ……..
a.    10              b. 11               c. 12                d. 13
2    2. 24, 22, 20, 18, ……
                  a. 16              b. 28               c. 12                d. 14
Tentunya tidak semua soalnya semudah ini, biasanya semakin belakan maka akan semakin rumit polanya, tapi tenang saja jangan di buat pusing tetap konsentrasi karena pola tersebut tidak akan jauh dari tambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
  • ·         Gambar kubus

Biasanya terdapat 4 atau 5 contoh kubus dengan pola gambar sisi kubus yang berbeda-beda misal ada tanda titik, segitiga siku-siku hitam, dan pola catur. Tugasnya yaitu mengimajinasikan kubus mana yang polanya sesuai dengan contoh diatas, yang membuat sulit yaitu posisi kubus pada soal berbeda dengan posisi contoh.
  • ·         Tes memori

Contoh tesnya seperti ini, terdapat 5 topik yang terdiri dari bunga, peralatan, burung, kesenian dan Binatang. Setiap topik terdapat 5 kata, contohnya bunga terdiri dari soka, flamboyan, yasmin, larat, dahlia. Kita diberi waktu sekitar 3 menit untuk menghafalkan semua nama dari 5 topik tersebut.
Pertanyaannya adalah nama yang berawal dari huruf “f” termasuk kedalam jenis :
a. Bunga                        b. Peralatan              c. Burung      d. Kesenian       e. Binatang
Dan seterunya,
  • Tes Pauli atau Kraeplin (Tes Koran)

Tes ini yaitu menghitung angka dari atas ke bawah dengan ukuran A3 yang full dengan angka bolak-balik. Tapi pengalam saya, ada juga yang hanya satu lembar A3 namun tahap pengerjaannya berbeda dengan yang biasanya, tapi intinya sama-sama ngitung juga sih.

Untuk mengetahui dan mencoba langsung contoh psikotes kerja download <DI SINI>


Tidak ada komentar:

Posting Komentar